Kurikulum Fakultas Dakwah

a. Jurusan/Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
      Visi : Menjadikan jurusan/Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam sebagai pusat keunggulan dalam bidang keilmuan Komunikasi dan Penyiaran Islam.
Misi :
      1.   Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang Ilmu Komunikasi dan Penyiaran Islam.
      2.   Melakukan penelitian di bidang Ilmu Komunikasi dan Penyiaran Islam.
      3.   Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mengamalkan Ilmu Komunikasi dan Penyiaran Islam.
      4.   Melaksanakan kerja sama dengan berbagai pihak yang terkait dengan Komunikasi dan Penyiaran Islam.

 Mata Kuliah Jurusan/Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), antara lain : Pengantar Ilmu Komunikasi, Teori-Teori Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Bisnis, Etika Komunikasi, Komunikasi Antar Budaya dan Agama, Human Relations, Sosiologi Komunikasi, Komunikasi Non Verbal, Public Relations, Perencanaan Humas, Perkembangan Teknologi Komunikasi, Produksi Siaran Radio, Produksi Siaran TV dan Film, Periklanan, Penulisan Features, J Media Grafis/Perwajahan, Komunikasi Politik, Metodologi Penelitian Komunikasi, Komunikasi Persuasif.

b.   Konsentrasi Jurnalistik (JLK) pada Jurusan/Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam.

      Visi : Menjadikan jurusan/Prodi Jurnaslistik  sebagai pusat kajian dan keunggulan dalam bidang jurnalistik berbasis Islam.
Misi :
      1.   Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang jurnalistik.
      2.   Melakukan penelitian di bidang jurnalistik.
      3.   Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama dengan berbagai pihak terkait  dalam rangka implementasi keilmuan di bidang jurnalistik.



Mata Kuliah Konsentrasi Jurnalistik (JLK) pada Jurusan/Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam antara lain : Pengantar Jurnalistik, Bahasa Jurnalistik, Kode Etik Jurnalistik, Jurnalisme Investigasi, Teknik Wawancara, Undang-Undang Pers dan Penyiaran, Jurnalisme Pembangunan, Reporting, Editing and Writing, Fotografi, Jurnalistik Media Cetak, Jurnalistik Radio, Jurnalistik TV, Praktikum Perwajahan dan Grafika, Sejarah Pers Nasional, Manajemen Surat Kabar, Periklanan, Pers Release, Editorial, Praktek Jurnalistik Media Elektronik, Praktek Jurnalistik Media Cetak, Teknik Penulisan Features, Jurnalisme Damai.

 c.    Jurusan/Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Visi : 1. Sebagai pusat pengkajian dan pengembangan ilmu bimbingan dan konseling Islam berdasarkan Al-Quran dan Hadits, pendapat ulama dan didukung oleh ilmu konseling konvensional.
          2.   Menjadikan ilmu bimbingan dan konseling Islami sebagai bagian dari pengembangan objek formal ilmu dakwah dalam rangka memenuhi kebutuhan layanan konseling komunitas.
Misi  :     1.           Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaraan kepada mahasiswa pada jenjang strata satu (S1) dalam bidang ilmu bimbingan konseling Islami.
          2.   Menyelenggarakan kegiatan pengkajian dan penelitian ilmiah, baik untuk kepentingan pengembangan ilmu bimbingan dan konseling maupun terapan.


Mata Kuliah   Jurusan/Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) antara lain adalah : Pengantar Bimbingan & Konseling, Pengantar Psikologi, Sosiologi Masyarakat Aceh, Teori Konseling dan Psikoterapi, Bimbingan dan Konseling Islam, Patologi Sosial, Kesehatan Mental, Psikologi Agama, Psikologi Sosial, Psikologi Kepribadian, Metodologi Penelitian Konseling, Psikologi Abnormal, Keterampilan dan Teknik Konseling, Bimbingan dan Konseling Karier, Konseling dan Psikoterapi Anak/Remaja, IESQ, Psikologi Perkembangan, Konseling dan Psikoterapi Dewasa/Manula, Bimbingan dan Konseling Keluarga, Konseling dan Psikoterapi Islam, Praktikum Konseling, Praktikum Lapangan Penyehatan Mental.

 d. Jurusan/Prodi Manajemen Dakwah (DMD)

Visi  : Menjadikan jurusan/Prodi Manajemen Dakwah sebagai format pengembangan manajemen berbasis manajemen modern.
Misi : 1.   Mendidik tenaga ahli yang mampu memahami dan mendalami ilmu di bidang manajemen dakwah.
          2.   Mendidik tenaga ahli yang mampu memahami dan mendalami ilmu di bidang perencanaan, monitoring dan proses pelaksanaan dakwah secara profesional.
          3.   Melakukan penelitian di bidang manajemen dakwah.
          4.   Melaksanakan kegiatan-kegiatan praktek di lembaga-lembaga sosial dan lembaga keagamaan.
          5.   Menjalin hubungan secara kontinu dengan berbagai pihak dalam rangka pengembangan manajemen dakwah secara profesional.

Mata Kuliah Jurusan/Prodi Manajemen Dakwah (DMD) antara lain adalah : Pengantar Manajemen, Manajemen Dakwah,  Manajemen Organisasi Islam, Organisasi Islam Internasional, Metodologi Pengembangan Dakwah, Manajemen Pelayanan Publik, Planologi Dakwah, Metodologi Dakwah, Kepemimpinan Islam, Manajemen Pelatihan Dakwah, Metodologi Penelitian Lembaga Dakwah, Sistem Informasi Manajemen Dakwah, Teknik Minitoring dan Evaluasi Dakwah, Manajemen Kemasjidan, Manajemen Haji dan Umrah, Manajemen Proyek Dakwah, Praktikum Manajemen Haji dan Umrah, Praktikum Manajemen Kemasjidan, Problem Solving and Decition Making, Manajemen Konflik, Manajemen SDM, Manajemen Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS), 
 
e. Jurusan/Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI)

Visi  : Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam merupakan pendidikan tinggi pengembangan masyarakat yang bercirikan keislaaman, keacehan yang mampu bersaing pada taraf nasional dan internasional dan dapat memberikan konstribusi pada pengembangan masyarakat.
Misi : 1.  Mengembangkan pendidikan dan pengajaran bidang pengembangan masyarakat Islam.
          2.   Mengembangkan penelitian dalam bidang pengembangan masyarakat Islam.
          3.   Menghasilkan sarjana pengembangan masyarakat yang memiliki pengetahuan dan keterampilan handal dalam melakukan pengembangan masyarakat yang berwawasan keislaman.
          4.   Meningkatkan peran serta dalam upaya pendampingan dan pengembangan masyarakat Islam.
          5.   Memperluas kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, terutama dalam bidang pengembangan masyarakat Islam

Mata Kuliah Jurusan/Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) antara lain adalah : Dasar-Dasar Pengembangan Masyarakat Islam, Perilaku Manusia dalam Lingkungan Sosial (HBSE), Perundang-Undangan Sosial, Metode Pengembangan Masyarakat, Analisis Masalah Sosial, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Praktek I Identifikasi Masalah Sosial di Masyarakat, Pengembangan dan Pengorganisasian Masyarakat (CO/CD), Kebijakan dan Perenc. Sosial, Pembangunan Sosial, Community Based Research, Manajemen Pengembangan Masyarakat Islam, Statistik Sosial Terapan, Praktek II  Pengembangan Masyarakat Berbasis Institusi, Praktek III  Pengembangan Masyarakat Berbasis Institusi, Kewirausahaan Sosial, Kemiskinan & Pemberdayaan Masyarakat, Leadership dalam Pengemb. Masyarakat Islam, Pengemb.Kelembagaan Lokal, Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan.

f.    Konsentrasi Kesejahteraan Sosial (KJS) pada Jurusan/Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI)

Visi  : Konsentrasi Kesejahteraan Sosial merupakan pendidikan tinggi ilmu kesejahteraan sosial berkelas internasional bercirikhas keislaman, keacehan dan memberikan konstribusi dalam pembangunan Kesejahteraan Sosial Masyarakat.
Misi  : 1. Mengembangkan pendidikan dan pengajaran serta penelitian bidang kesejahteraan sosial.
            2.Menghasilkan sarjana Ilmu Kesejahteraan Sosial yang memiliki pengetahuan dan keterampilan handal dalam melakukan pekerjaan sosial yang berwawasan keislaman.
            3.Memperluas kerja sama dengan berbagai pihak untuk me-ningkatkan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, terutama dalam bidang kesejahteraan sosial.

Mata Kuliah Konsentrasi Kesejahteraan Sosial (KJS) pada Jurusan/Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) antara lain adalah : Pengantar Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial, Sistem Sosial Budaya Aceh, Perundang-undangan Sosial, Etika dan HAM dalam Pekerjaan Sosial, Metode dan Proses Pekerjaan Sosial, Masalah Sosial, Metode Pekerjaan Sosial dengan Individu dan Keluarga, Metode Pekerjaan Sosial dengan Kelompok, Pencatatan dan Pelaporan dalam Pekerjaan Sosial, Pengubahan Perilaku dalam Pekerjaan Sosial, Praktek I Identifikasi Masalah Sosial di Masyarakat, Pengembangan dan Pengor-ganisasian Masyarakat (CO/CD), Kebijakan dan Perenc. Sosial, Met.Penelitian Pekerjaan Sosial, Organisasi dan Administrasi Pekerjaan Sosial, Manajemen Kasus, Manajemen Organisasi Pelayanan Kemanusiaan, Praktek II  Pekerjaan Sosial Berbasis Institusi, Praktek III  Pekerjaan Sosial Berbasis Masyarakat, Kemiskinan & Pemberdayaan Masyarakat, Pekerjaan Sosial dalam Penanganan Penyalahgunaan Napza, Lembaga Islam Internasional dalam Pekerjaan Sosial, Pelayanan Sosial bagi Lansia, Pelayanan Sosial bagi Penanganan Bencana, Pekerjaan Sosial Industri, Pelayanan Sosial bagi Kesejahteraan Anak

0 komentar:

Posting Komentar