Fakultas Dakwah Kelola Desa Binaan

Fakultas Dakwah IAIN Ar-Raniry melalui jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) saat ini sedang melakukan pembinaan terhadap salah satu desa binaan.  Desa binaan dimaksud adalah Desa Lam Neuheun terletak di kecamatan Kuta Baroe kabupaten Aceh Besar.  

Pembinaan desa ini telah dilakukan sejak tahun 2009 dan lebih difokuskan pada bidang Layanan Konseling dan pembinaan nilai-nilai spiritual masyarakat setempat.  Menurut Ketua jurusan Bimbingan dan penyuluhan Islam, Mira Fauziah, S. Ag., M. Ag, layanan konseling dimaksud dilakukan dengan menempatkan mahasiswa di desa tersebut selama lebih kurang dua bulan. 

Dengan metode ini terdapat sejumlah kelebihan diantaranya terbangunnya hubungan dan komunikasi yang baik antara mahasiswa dengan masyarakat, sebagai proses pembelajaran bagi mahasiswa dan mendekatkan Fakultas Dakwah dengan masyarakat desa binaan.  Dalam layanan konseling ini yang menjadi dosen pembimbing adalah Dra. Kusmawati Hatta, M. Pd.  Disamping itu kegiatan lainnya adalah melakukan pelatihan tazhij mayat yang dipimpin oleh Drs. Umar Latif dan pelaksanaan wirid yasin yang ditangani langsung oleh ketua jurusan Bimbingan dan penyuluhan Islam.

Pada tahun 2010 ini kegiatan-kegiatan tersebut diatas masih dipertahankan, bahkan telah masuk pada tahapan pemantapan. Sebagai contoh, di desa lam Neuheun telah dibentuk kelompok wirid yasin ibu-ibu dan kelompok pelaksana fardlu kifayah.  Sebelum mendapat binaan dari Fakultas Dakwah IAIN Ar-Raniry, dalam pelaksanaan kegiatan fardhu kifayah desa ini selalu mengundang  dari desa tetangga. Demikian pula halnya dengan kegiatan layanan konseling masih tetap dijalankan bahkan mulai dipadukan dengan kegiatan-kegiatan lainnya seperti ceramah agama setelah shalat maghrib yang diisi oleh dosen-dosen dari Fakultas Dakwah. 

Menurut ketua Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam, sambutan masyarakat demikian tinggi sehingga mereka meminta agar kegiatan-kegiatan yang ada dapat ditambah dan ditingkatkan jenisnya. Menyahuti permintaan masyarakat tersebut, maka pada tahun 2010 ini dibuat satu pelatihan membuat kasab Aceh bagi ibu-ibu peserta wirid yasin dan para remaja putri.  

Direncanakan pula, dalam beberapa waktu ke depan akan dilaksanakan pengajian kitab yang akan diikuti oleh masyarakat setempat dan rencananya akan diadakan setiap hari minggu. Semua kegiatan ini dirancang dalam rangka mendekatkan Fakultas Dakwah dengan masyarakat sekaligus sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa serta penyambung silaturahim antara Fakultas Dakwah dengan masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar